Sabtu, 21 April 2018

   Pemanfaatan Web E-Commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran


Penulis Jurnal  :  Hani Mumtahana, Sekreningsih Nita, Adzinta Wineran Tito
Reviewer         : Aldi A. Ramena

-Abstrak
UMKM merupakan salah satu usaha mikro yang memberdayakan industri rumahan. UMKM Indonesia memiliki kontribusi sebesar 15.8% terhadap rantai pasok produksi global di tingkat ASEAN. Perkembangan UMKM dari tahun ke tahun dipengaruhi dengan pemanfaatan teknologi informasi dan sistem informasi.

-Pendahuluan
E-commerce merupakan salah satu teknologi yang mendukung perkembangan UMKM dan perdagangan saat ini. Pengembangan aplikasi e-commerce ini dibangun dengan menggunakan model pengembangan perangkat lunak waterfall. Tahapan pengembangan dimulai dengan analisis permasalahan dan kebutuhan untuk aplikasi pemasaran, desain model proses, desain model data, pembuatan program aplikasi, implementasi aplikasi, dan evaluasi aplikasi.

-Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang dirasakan atas pemanfaatan teknologi
e-commerce dalam peningkatan strategi pemasaran produksi. Teknologi e-commerce dibangun dengan mengunakan aplikasi berbasis website, sehingga para pelaku usaha dapat mempromosikan hasil usaha dengan mudah.

E-commerce merupakan teknologi yang menjadi
kebutuhan mendasar setiap organisasi yang bergerak di
bidang perdagangan. E-commerce merupakan cara bagi
konsumen untuk dapat membeli barang yang diinginkan
dengan memanfaatkan teknologi internet.

Hasil Penelitian
Metodologi penelitian merupakan jabaran langkah - langkah
yang akan dilakukan dalam pelaksanaan penelitian.
Adapun Metodologi yang akan digunakan dalam penelitian
ini adalah metodologi kualitatif. 

Pengembangan aplikasi e-commerce ini melalui 5 tahapan sesuai dengan model pengembangan yang
digunakan yakni :

Tahap 1: Analisis Kebutuhan
Pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan untuk
pengembangan aplikasi e-commerce. 

Tahap 2: Desain Sistem
Pada tahap ini akan dibuat desain model proses,
model data, dan desain antarmuka.

Tahap 3: Implementasi
Pada tahap implementasi yaitu penerapan aplikasi
e-commerce sesuai dengan kebutuhan.

Tahap 4: Uji Coba
Pada tahap uji coba, dilakukan uji coba kegunaan
aplikasi e-commerce

Tahap 5: Maintenance
Pada tahap ini dilakukan pemeliharaan aplikasi
e-commerce.

- Kesimpulan
Pada penelitian ini menghasilkan sebuah rancang
bangun sebuah aplikasi e-commerce untuk sentra industri
kulit di Kabupaten Magetan. Aplikasi e-commerce ini
akan menjadi salah satu penerapan teknologi sebagai
media pemasaran hasil industri kulit yang ada di sentra
industri kulit Kabupaten Magetan. Uji coba aplikasi
pada Kopma Antik STT Dharma Iswara Madiun
dilakukan untuk mengetahui tingkat kegunaan terhadap
kebutuhan pengguna.

Sekian Dan terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar